Perangkat Pembelajaran

Rabu, 19 September 2012

MODEL PEMBELAJARAN SMART GAME DAN MAKE A MATCH DALAM PENGENALAN MALAIKAT ALLAH

MODEL PEMBELAJARAN SMART GAME DAN MAKE A MATCH DALAM PENGENALAN MALAIKAT ALLAH

1.        Guru membagikan hand out “tepuk malaikat”
TEPUK MALAIKAT

Tepuk Malaikat………….. (tepuk 3 X)
Jibril (tepuk 3 X) bawa wahyu
Mikail (tepuk 3 X) bagi rizki
Israfil (tepuk 3 X) tiup terompet
Izrail (tepuk 3 X) cabut nyawa
Munkar Nakir (tepuk 3 X) menanyai (tepuk 3 X) manusia (tepuk 3 X) dalam kubur
Raqib (tepuk 3 X) mencatat (tepuk 3 X) amal baik
Átid (tepuk 3 X) mencatat (tepuk 3 X) amal buruk
Malik (tepuk 3 X) jaga neraka
Ridwan (tepuk 3 X) jaga surga

2.        Siswa melakukan permainan tepuk malaikat  dengan bimbingan guru 

3.        Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
4.        Siswa melakukan permainan tepuk malaikat antar kelompok dengan model tanya jawab 


5.        Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan satu bagian kartu jawaban
6.        Setiap siswa mendapat satu buah kartu

7.        Tiap siswa memikirkan jawaban / soal dari kartu yang dipegang
8.        Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal dan jawaban)

9.        Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya. Demikian seterusnya sampai beberapa babak.
Catatan : Guru dapat membuat sendiri kartu soal dan jawaban untuk model pembelajaran make a match ini (alat peraga murah, APM)..
Wa Llaahu a'lam
Share & Be Happy

Jelang Mentari ke Peraduan
19.09.2012
Ahmad Faozan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar