RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
IV / 2
Pertemuan Ke : 8
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit ( 1 x Pertemuan)
Standar Kompetensi : Mengenal malaikat dan tugasnya
Kompetensi Dasar : Menyebutkan tugas-tugas
malaikat Allah
Indikator : 1. Menyebutkan tugas-tugas
malaikat Allah
2. Memasangkan nama-nama dan tugas-tugas
malaikat Allah
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran smart game “tepuk
malaikat” dan make a match nama-nama dan tugas-tugas malaikat, peserta
didik dapat memasangkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah dengan tepat
II.
NILAI-NILAI KARAKTER
Religius, Rasa
ingin tahu, Tanggung Jawab
III.
MATERI PEMBELAJARAN
TUGAS-TUGAS MALAIKAT ALLAH
NO
|
NAMA-NAMA MALAIKAT
|
TUGAS-TUGAS MALAIKAT
|
1
|
Jibril
|
Menyampaikan wahyu
|
2
|
Mikail
|
Membagi rizki
|
3
|
Israfil
|
Meniup terompet / sangkakala
|
4
|
Izrail
|
Mencabut nyawa
|
5
|
Munkar
|
Menanyai manusia dalam kubur
|
6
|
Nakir
|
|
7
|
Raqib
|
Mencatat amal baik
|
8
|
Atid
|
Mencatat amal buruk
|
9
|
Malik
|
Menjaga neraka
|
10
|
Ridwan
|
Menjaga surga
|
IV.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Smart Game “Tepuk Malaikat”
2.
Make a Match
3.
Penugasan
V.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
KEGIATAN PENDAHULUAN (10’)
a.
Guru bersama peserta didik membuka pelajaran dengan
membaca basmalah dan doa,
b.
Guru mengabsen peserta didik dan memeriksa kebersihan
dan kerapihan pakaian, ruangan dan tempat duduk peserta didik,
c.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari,
d.
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang akan dicapai,
e.
Guru menjelaskan cakupan materi dan penjelasan
kegiatan pembelajaran.
2.
KEGIATAN INTI (60’)
a.
Eksplorasi
1)
Guru melakukan pre test melalui tanya jawab
dengan peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik,
2)
Peserta didik dibimbing guru membagi diri membentuk
kelompok kecil (4-5 orang),
3)
Guru membimbing peserta didik untuk menentukan nama
kelompok dan ketuanya,
4)
Guru membagikan hand out materi (tepuk
malaikat)
b.
Elaborasi
1)
Peserta
didik melakukan permainan tepuk
malaikat dengan bimbingan guru secara klasikal
2)
Peserta
didik berulang-ulang melakukan
permainan tepuk malaikat dengan
bimbingan guru secara klasikal
3)
Peserta
didik melakukan permainan
tepuk malaikat antar kelompok dengan model tanya jawab
4)
Peserta
didik melakukan permainan
tepuk malaikat dengan teman sebangku dengan model tanya jawab
5)
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan satu bagian
kartu jawaban
6)
Guru
membagikan kartu permainan
7)
Setiap peserta didik mendapat satu buah kartu
8)
Tiap peserta didik memikirkan jawaban / soal dari kartu yang
dipegang
9)
Setiap peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang
cocok dengan kartunya (soal dan jawaban)
10) Setelah satu babak kartu
dikocok lagi agar tiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya. Demikian
seterusnya sampai beberapa babak.
c.
Konfirmasi
1)
Guru memberikan feed back positif dan penguatan
dengan tepuk tangan, pujian dan pemberian poin terhadap keberhasilan peserta
didik mendapatkan pasangan
2)
Guru memberi konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik
3)
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah ditentukan
4)
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman pembelajaran bermakna dalam mencapai kompetensi dasar dengan
membantu memberi acuan gar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
elaborasi dan memberi motivasi kepada peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
3.
KEGIATAN PENUTUP (35’)
a.
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat
simpulan pembelajaran,
b.
Peserta didik mengerjakan lembar kerja, guru melakukan
penilaian,
c.
Guru memberikan feed back terhadap proses dan
hasil belajar
d.
Guru bersama-sama peserta didik merencanakan tindak
lanjut
e.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya
f.
Guru bersama peserta didik menutup pembelajaran dengan
membaca hamdallah
VI.
SUMBER BELAJAR
1.
Hand out tepuk malaikat
2.
Kartu permainan (potongan kertas) berisi nama-nama
maiakat dan tugasnya
3.
Al Quran dan Maknanya, Terjemahan Makna Oleh M.
Quraish Shihab, Jakarta:
Lentera Internusa, 2010, Cet. 1
4.
Bambang
Murtedjo dan Sirin, Cinta Agama Islam untuk SD Kelas 4, Bekasi: Ganeca
Exact, 2007, Cet. I
5.
Mahmud Syaltout, Islam Aqidah dan Syari’ah, Jakarta:
6.
Suyanto
dan M. Ikhwan, Mandiri Pendidikan Agama Islam untuk SD Kelas 4, Jakarta:
Penerbit Erlangga, 2008
7.
Tim
Bina Karya Guru, Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009, Cet. II
VII.
PENILAIAN
1.
Indikator Pencapaian :
Menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas
malaikat Allah
2.
Teknik Penilaian :
Tes
3.
Bentuk Penilaian :
Tes Tertulis
4.
Instrumen :
Matching
5.
Contoh Soal :
6.
Jawaban
1. B 2.
D 3. A 4. F 5. C
6. G 7.
I 8. E 9. H
7.
Penskoran
Skor Maksimal =
9
Nilai Akhir = Skor Perolehan / Skor Maksimal X 100 | |
Bandung, Oktober 2012
by Ahmad Faozan
keren pa rppnya. izin copas y. materi baru satu , yang lain mana bos?
BalasHapus